Jumat, 30 Agustus 2019

Berkreasi Di Kertas Origami




Cara Membuat Origami Burung, Bunga, Katak, Kucing, dan Kupu-kupu

Cara Membuat Origami Burung, Bunga, Katak, Kucing, dan Kupu-kupu – Origami adalah salah satu seni melipat kertas yang berasal dari jepang. Origami sering sekali kita jumpai dimana-mana karena origami sangatlah terkenal. Di Jepang origami berbentuk burung dipercaya dapat mengabulkan permintaan bila mampu membuat seribu origami burung. Tak terkecuali di Indonesia. Origami juga menyebar luas di masyarakat dan diberbagai daerah.

Cara Membuat Origami Katak Lompat


Cara membuat origami selanjutnya adalah membuat origamai katak lompat. Dengan menggunakan selembar kertas origami, kamu bisa membuat katak yang lucu dan lentur. Sehingga katak tersebut bisa melompat saat kamu menekan bagian belakangnya. Untuk membuat origami katak lompat, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut.

Memilih Kertas

http://id.wikihow.com/

Kertas yang bisa digunakan dalam membuat origami katak lompat ini adalah kertas origami, kertas berwarna, kertas komputer biasa, atau kertas buku tulis.

Kertas-kertas tersebut ada yang berbentuk persegi dan persegi panjang. Jika kamu menggunakan kertas persegi panjang, kamu harus memotong kertas tersebut menjadi persegi menggunakan gunting agar kertas bisa digunakan untuk membuat origami katak loncat.


Melipat Sudut Atas ke Arah Pusat Kertas


http://id.wikihow.com/

Langkah pertama dalam dahapan ini adalah dengan melipat sudut bagian kanan atas secara diagona, sehingga bagian ujung sudut sejajar dengan sisi yang berlawanan dari kertas. Setelah itu, gunakan jari kamu untuk menekan kertas tersebut, sehingga membentuk guratan.

Lakukan hal yang sama pada sisi satunya, yaitu dengan melipat sudut bagian kiri atas secara diagonal, sehingga bagian ujung sudut sejajar dengan sisi berlawanan dari kertas. Gunakan jari kamu untuk menekan kertas tersebut untuk membuat guratan. Selanjutnya, balikkan lagi kedua lipatan tersebut seperti semula. Hasilnya adalah kamu sudah membuat guratan berbentuk “X”

Catatan: jika kamu menggunakan kertas persegi panjang, gunakan gunting untuk memotong kertas tersebut membentuk persegi. (Baca juga: Collaskin)

Melipat Kertas Menjadi Setengah

http://id.wikihow.com/

Pegang bagian ujung atas kertas, lalu lipat bagian ujung atas kertas menjadi dua. Jadi, bagian ujung kertas atas bertemu dengan bagian ujung kertas bawah. Gunakan jari kamu untuk membuat guratan pada kertas. Pastikan bahwa guratan tersebut menyeberangi “X”, sehingga membentuk pola seperti tanda asterik atau bintang

Menjepit Bagian Sisi Kertas


http://id.wikihow.com/

Guratan yang sudah dibuat pada langkah sebelumnya berfungsi untuk membuat kertas berbentuk segitiga dua sisi. Caranya adalah dengan menekuk guratan tengah hingga bagian kanan dan kiri bertemu di tengah-tengah kertas.

Melipat Satu Sudut Segitiga Keatas

http://id.wikihow.com/

Terdapat empat ujung segitiga yang dapat dilipat. Untuk langkah yang satu ini, lipatlah ujung bagian kanan keatas dan gunakan jari kamu untuk menekan, sehingga membentuk guratan. Jadi, bagian ujung bawah sebelah kanan segitiga menyentuh bagian ujung atas segitiga.

Melipat Sudut Segitiga Bagian Bawah

http://id.wikihow.com/

Setelah melipat sudut bagian kanan, lalukan cara yang sama pada ujung sudut bagian kiri, sehingga bagian ujung bawah bagian kiri menyentuh ujung atas segitiga. Gunakan jari kamu untuk membuat guratan. Jika sudah jadi, makan kertas akan membentuk segitiga dengan bentuk wajik ditengah.

Melipat Sudut Bagian Kanan Wajik Kedalam

http://id.wikihow.com/

Lipatlah sudut bagian kanan wajik ke dalam, sehingga ujung sudut bagian kanan wajik sejajar lurus dengan garis tengah. Gunakan jari kamu untuk membuat guratan.

Melipat Sudut Bagian Kiri Wajik Ke dalam

http://id.wikihow.com/

Lakukan cara yang sama seperti sebelumnya dengan memegang ujung kiri wajik untuk dilipat ke dalam, sehingga ujung sudut bagian kiri wajik sejajar lurus dengan garis tengah. Gunakan ari kamu untuk membuat guratan.

Membuat Kaki Katak

http://id.wikihow.com/

Posisikan keras dengan dasarnya menghadap kamu. Ujung atas segitiga terdapat dua bagian yang bisa dilipat. Lipatlah ujung atas bagian kanan ke arah luar, sehingga sejajar dengan garis lipatan. Gunakan jari kamu untuk membuat guratan.

Lakukan cara yang sama juga pada ujung atas bagian kiri. Lipatlah ujung atas bagian kiri ke arah luar, sehingga sejajar dengan garis lipatan. Gunakan jari kamu untuk membuat guratan.

Membalik Kertas

http://id.wikihow.com/

Langkah selanjutnya adalah dengan membalik kertas. Kamu akan melihat segitiga yang terdapat seperti 2 tanduk di bagian atas segitiga.

Melipat Ke dalam Sudut Bagian Bawah

http://id.wikihow.com/

Bagian bawah segitiga terdapat dua sudut yang bisa dilipat. Pegang bagian ujung, baik ujung kanan maupun ujung kiri. Lipat ke dalam kedua sudut tersebut hingga bertemu di tengah-tengah. Gunakan jari kamu untuk membentuk guratan.

Melipat Keluar pada Sudut Bagian Dalam

http://id.wikihow.com/

Setelah kedua sudut bagian bawah dilipat kedalam hingga bertemu di tengah-tengah. Langkah selanjutnya adalah dengan melipat kembali kedua sudut tersebut ke arah luar menuju guratan lipatan. Gunakan jari untuk membuat guratan baru. Kaki katak sudah mulai terlihat bentuknya.

Melipat Katak Menjadi Dua Bagian

http://id.wikihow.com/

Pada dasarnya bentuk katak sudah jadi. Hanya saja belum ada pencetan untuk membuat katak bisa melompat. Dalam hal ini, langkah pertama yang dilakukan adalah dengan melipat katak menjadi dua. Jadi, ujung bagian bawah sejajar dengan ujung bagian atas. Gunakan jari untuk membuat guratan.

Lipat Kaki Belakang Katak
http://id.wikihow.com/

Setelah dilipat menjadi dua bagian, lipat kembali beberapa cm ke arah belakang. Gunakan jari untuk membuat guratan. Dengan cara ini, katak sudah bisa melopat.

Origami Katak Lompat


http://id.wikihow.com/

Jika langkah-langkah diatas sudah dilakukan dengan benar, maka origami katak dari kertas sudah jadi dan bisa melompat. Cara agar katak bisa melompat adalah dengan menekan dengan jari bagian kaki katak yang terdapat dua lipatan tersebut, lalu lepaskan tekanan pada kaki katak tersebut, maka origami katak akan melompat.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri yang Diunggulkan

WISATA populer di kota angin (Majalengka)

Majalengka, sebuah kota di Jawa Barat ini memang tidak terlalu populer mengenai tempat wisatanya, namun siapa sangka di Majalengka terdapat ...